MENGENAL GEJALA KANKER VAGINA

Vaginal Cancer - alodokter

Sumber gambar alodokter.com

Gejala kanker vagina bisa dibilang mudah dikenali bila Anda teliti dan mau belajar mengenal gejala-gejala tersebut. Namun kebalikan dari hal itu, saat Anda enggan untuk belajar dan mencari tahu mengenai gejala-gejala yang dimaksud, bukan hal tidak mungkin Anda tidak akan mengenali gejala dari penyakit ini. 

Gejala dari kanker jenis ini bisa dikatakan mirip dengan beberapa gangguan kesehatan lain. Oleh karena itu, dibutuhkan ketelitian yang perhatian yang benar-benar. Sebab, tanpa itu, Anda tidak akan tahu dan paham apa saja gejala dari kanker yang menyerang vagina. 

Lantas, gejala kanker vagina itu apa saja? Ada beberapa gejala yang bisa Anda kenali. Gejala-gejala tersebut di antaranya adalah berikut. 

PENDARAHAN YANG TIDAK BIASA  DI AREA VAGINA – GEJALA KANKER VAGINA 

Jika Anda mendapati pendarahan yang keluar dari vagina, Anda agaknya harus waspada. Terlebih bila pendarahan tersebut memiliki intensitas dan volume yang besar. 

Ya, pendarahan dari vagina memang bukan hal aneh bagi wanita. Pasalnya, saat memasukan masa menstruasi, wanita akan mengalami hal ini. Hanya saja, khusus untuk penderita kanker vagina, pendarahan yang terjadi adalah berbeda. 

Alodokter.com menjelaskan bahwa pendarahan yang terjadi umumnya timbul saat menstruasi (dengan jumlah dan intensitas yang tinggi), setelah menopause, dan saat sedang melakukan hubungan badan. 

MUNCULNYA KEPUTIHAN YANG MENGANDUNG DARAH DAN BERBAU – GEJALA KANKER VAGINA 

Jika Anda mendapati keputihan yang mengandung darah dan memiliki bau tidak sedap, Anda harus hati-hati dan segera berkonsultasi dengan dokter. Kenapa? Karena  bisa jadi Anda sedang mengidap gejala awal dari kanker vagina.

Keputihan sendiri adalah sesuatu yang juga umum. Tapi bagi penderita kanker vagina, keputihan yang terjadi agak berbeda. 

Hellosehat.com menjelaskan bahwa keputihan yang terjadi pada penderita kanker ini akan berbentuk seperti darah (karena  memang tercampur dengan darah) dan berbau menyengat. Ini jelas berbeda keputihan biasa yang tidak mencolok dan berbau tidak menyengat.

TIMBUL RASA GATAL DAN BENJOLAN PADA AREA VAGINA – GEJALA KANKER VAGINA 

Para penderita kanker ini umumnya memiliki benjolan di area vagina. Munculnya benjolan tersebut biasanya disertai dengan rasa gatal pada area yang sama. 

Rasa gatal pada area vagina sendiri bukan hal yang aneh, terlebih bila Anda malas membersihkan area tersebut. Tapi, hal yang berbeda terjadi bila gatal yang dimaksud juga diikuti dengan timbulnya benjolan. 

Jika Anda mendapati keduanya di waktu yang bersamaan, tidak ada salahnya bila Anda segera menghubungi dokter. 

Lakukan konsultasi untuk cari tahu apakah Anda terkena kanker vagina atau tidak. Dengan cara ini sedikitnya Anda akan tahu apakah Anda terkena kanker ini atau tidak. Sekali pun Anda sudah terkena kanker jenis ini, Anda bisa dengan segera melakukan penanganan sedini mungkin. 

RASA NYERI SAAT BERHUBUNGAN BADAN – GEJALA KANKER VAGINA 

Bagi penderita kanker vagina, berhubungan badan akan membuat mereka tidak nyaman karena rasa nyeri yang berkelanjutan. Nyeri yang dimaksud di sini diakibatkan akibat kontak yang terjadi saat berhubungan badan. Karenanya, tidak heran bila penderita akan merasa kesakitan saat sedang melakukan hubungan badan.

Lebih parahnya, rasa nyeri dan tidak nyaman ini terus terjadi seiring Anda melakukan hubungan badan. 

Nah, itulah tadi beberapa gejala dari kanker vagina. Gejala-gejala di atas bisa Anda jadikan rujukan dan informasi untuk digunakan di kemudian hari. Gejala-gejala di atas biasanya terjadi pada fase awal kanker. Penderita umumnya tidak mengalami semua gejala di atas. 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>